08 Juli 2020   58 kali  
Studi Banding Akreditasi oleh RSUD dr. Haryoto Lumajang di RSUD Pasirian Lumajang
Studi Banding Akreditasi oleh RSUD dr. Haryoto Lumajang di RSUD Pasirian Lumajang

Rumah Sakit Umum Daerah Pasirian pada hari Rabu, 1 Juli 2020 menerima kunjungan studi banding akreditasi dari RSUD dr. Haryoto. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 08.30 WIB di ruang pertemuan lantai 2 gedung RSUD Pasirian. Kegiatan ini dipimpin oleh dr. Wawan Arwijanto selaku Direktur RSUD Pasirian. Dalam sambutannya, Direktur RSUD Pasirian menyampaikan beberapa hal terkait pentingnya akreditasi dalam pelayanan rumah sakit. Akreditasi bertujuan agar standar pelayanan dapat diterapkan dengan baik sehingga dapat mencapai kepuasan dan keselamatan pasien maupun petugas yang optimal.

Kaji banding dilaksanakan dalam 15 tim/ pokja dengan metode brainstorming yakni dialog antara ketua tim dari RSUD Pasirian dengan RSUD dr. Haryoto dengan instrumen dokumen regulasi (SK, pedoman, panduan, SOP, dan lain-lain) serta dokumen implementasi yang bisa ditunjukan melalui rekam medis, daftar hadir, undangan dan notulen rapat. Kasi Yanmed, Kabag TU dan Kasi Penunjang juga menyampaikan terkait sistem dan proses akreditasi sesuai dengan buku SNARS edisi 1. Pelaksanaan akreditasi rumah sakit membutuhkan komitmen bersama seluruh petugas rumah sakit, pemahaman atau persepsi yang sama, dilakukan secara berkesinambungan, terintegrasi dan berpadu dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan yang berkelanjutan demi kepuasan dan keselamatan pasien serta petugas rumah sakit.

Kegiatan studi banding akreditasi RSUD dr. Haryoto di RSUD Pasirian berlangsung dengan lancar. Adapun rencana tindak lanjut RSUD Pasirian dari kegiatan studi banding akreditasi ini adalah membuka komunikasi kepada RSUD dr. Haryoto baik via telepon, whatsapp, e-mail, dan sebagainya apabila dalam proses akreditasi yang akan datang RSUD dr. Haryoto mengalami kesulitan atau kendala. RSUD Pasirian juga telah berkomitmen untuk siap membantu RSUD dr. Haryoto untuk dapat meraih kembali nilai akreditasi dengan predikat paripurna. (/end)