03 November 2020   46 kali  
INOVASI
INOVASI

Pada tanggal 25 Maret 2019 RSUD Pasirian mulai merilis inovasi "TAPE MANIS RUSA PASIR" @ Peningkatkan Kepatuhan Diet Pasien Kencing Manis di Rumah Sakit Pasirian. 

Tape Manis Rusa Pasir merupakan pelayanan pasien DM yang komprehensif, yaitu1) menyajikan makanan pasien menjadi menarik dari segi tampilan dan rasa; 2) memberikan  edukasi  menyeluruh  dengan  berbagai  media;  3)  pelayanan  yang penuh perhatian terhadap pasien dan keluarga 4) Menciptakan aplikasi DM OTW;5) Pemberian contoh bahan makanan yang aman bagi penderita DM berupa DM Kit; 6) Menyediakan tempat penitipan makanan khusus bagi pasien DM, 7). Pengawasan oleh Polisi DM.

Inovasi ini dilatarbelakangi tingginya kasus Diabetes Mellitus dengan presentase 47% dari seluruh diagnose rawat inap pada tahun 2018 dan 2019. Melalui analisa lanjutan, diperoleh informasi bahwa nilai gula darah pasien tidak stabil disebabkan pasien tidak mematuhi jadwal diet RS, dilihat dari sisa makanan pasien masih melebihi target ≤20%. Menurut Standar Pelayanan Minimal RS, terdapat beberapa target yang masih berada dibawah standart, dan yang dipilih sebagai prioritas masalah untuk diselesaikan, yakni tingginya makanan sisa pasien sebesar 44,84%.

Tujuan inovasi Peningkatkan Kepatuhan Diet Pasien Kencing Manis di Rumah Sakit Pasirian (Tape Manis Rusa Pasir), adalah menyediakan pelayanan komprehensif bagi pasien diabetes melitus (DM) agar dapat memenuhi diet secara benar guna mendukung kesembuhannya.

Pada Tahun 2019 Tape Manis Rusa Pasir mengikuti Kompetisi Kelompok Budaya Kerja Tingkat Jawa Timur, dan berhasil meraih juara 20 Terbaik  Kategori Pelayanan Jasa Medis.

Pada Tahun 2020  Tape Manis Rusa Pasir mengikuti Kompetisi Pelayanan Publik Jawa Timur dan berhasil masuk TOP 45 KompetisiInovasi Pelayanan Publik (KOVABLIK) Provinsi Jawa Timur